KESEIMBANGAN 5 ELEMEN (Elements of Wellness)

Berdasarkan Pengobatan Tradisional Cina (Traditional Chinese Medicine / TCM) Kesehatan Tubuh, mental dan emosional di pengaruhi oleh keseimbangan dari 5 elemen dasar, yaitu elemen Kayu, Api, Tanah, Logam dan air.
Berikut adalah tabel dimana kelima elemen mempengaruhi kondisi seseorang.

Unsur / Elemen

Organ

Kayu

Liver (Yin), Urat Liver (Yang), Mata, Tendon, Marah (Emosi) dan Teriakan (Suara)

Api

Penciuman, Jantung (Yin), Usus Halus (Yang), Lidah, Kebencian (Emosi), Tawa (Suara)

Tanah

Empedu (Yin), Lambung (Yang), Mulut, Urat-urat, Pensive (Emosi), Nyanyian (Suara)

Logam

Paru-paru (Yin), Usus Besar (Yang), Hidung, Kulit, Sedih (Emosi), Tangis (Suara)

Air

Ginjal (Yin), Bladder (Yang) Telinga, Takut (Emosi), Groan (suara)


Unsur Kayu

Di (dalam) Cina tradisional Obat/Kedokteran, Kayu Unsur dipercaya untuk menopang memesan dan menetralkan toksin di (dalam) sistem nerves dan badan; Taoists sering mengacu pada Kayu Unsur [sebagai/ketika] ‘ permulaan hidup’. [Yang] dengan cara yang sama, di (dalam) janin, sistem nerves menjadi sistem [yang] utama yang pertama ke berkembang, begitu mereka percaya bahwa kemampuan untuk [menyimpan/pelihara] badan membebaskan diri dari; bebas dari toksin [menjadi/dari] prioritas yang paling [itu]. Adalah menjadi Liver/Gall kandung kecing/dalam Sistem di (dalam) Cina tradisional Obat/Kedokteran yang dipercaya untuk memelihara keselarasan emosional, memperkuat organ/ bagian badan sistem, mengusir toksin dari sumber eksternal atau internal, dan tenang sistem nerves [itu]. Seseorang dengan suatu Kayu dengan baik dipelihara Unsur dipercaya untuk;menjadi mampu memaklumi tekanan yang lebih tinggi .

Unsur Api

Heart/Small Usus dikatakan kepada mengurus/memerintah darah dan dipertimbangkan oleh Taoists [sebagai/ketika/sebab] ‘ tempat duduk [menyangkut] roh’. Di (dalam) TCM, [itu] dipercaya peredaran [yang] kuat itu di (dalam) [hati/jantung] dan sistem cerebral membuat ia/nya [yang] mungkin untuk kedua-duanya mental dan phisik pertumbuhan. Begitu, Api Unsur disebut di (dalam) Taoist tua yang klasik [sebagai/ketika] ‘ pertumbuhan yang sempurna’ tahap hidup dan dipahami untuk;menjadi ‘ Shen’, atau Mind/Spirit koneksi. Sebab [hati/jantung] dan sistem peredaran cerebral dipercaya untuk mempromosikan body/mind pengintegrasian sesuai, suatu Api kuat Unsur dianggap sebagai (yang) penting bagi fungsi cardiovasculer dan cerebral kuat, ketajaman mental, dan kendali sifat dapat dirangsang dan ketertarikan.


Unsur Bumi

dan Limpa Perut dikatakan kepada menyuling/menyadap dan memisahkan ‘ yang murni dari yang keruh’. Sebab suatu pencernaan efisien akan menyediakan badan dengan makanan, jaman kuno Taoists [memanggil/hubungi] bumi ‘ tahap dewasa hidup’. Mereka percaya bahwa suatu Bumi kuat Unsur mempromosikan logika dan pemikiran menggerakkan dan mengendalikan kemurungan jiwa dan keraguan. Suatu Bumi kuat dipertimbangkan untuk mempromosikan pencernaan sehat dan asimilasi makanan, yang (mana) pada gilirannya mempertinggi tingkatan untuk kelangsungan manusia energi yang jasmani, atau Chi. Di (dalam) TCM, lemah gemulai mengeram, phisik vitalitas dan suatu disposisi diperlonggar dipercaya untuk;menjadi hasil sampingan suatu hal penting Bumi Unsur.

Unsur Metal

Di (dalam) Cina tradisional Obat/Kedokteran, Paru-Paru/Tempat terbuka dan Usus Besar dikatakan kepada mendominasi pernapasan dan untuk memelihara Chi bertahan, atau energi hidup. Unsur Yang metal dipandang sebagai yang sedang dihubungkan dengan body’s garis pertahanan pertama, sistem yang kebal [itu]. Suatu Unsur [yang] Metal kuat dan yang baik kesehatan akan memungkinkan [satu/ orang] untuk menikmati dan memaksimalkan hidup, begitu Taoist para orang bijaksana mengacu pada unsur ini [sebagai/ketika] ‘ panenan pada umur yang sekarang ini’. Mereka percaya bahwa suatu Unsur [yang] Metal kuat tingkatkan berhubung pernapasan berfungsi dan mempromosikan kesembuhan dan imunitas kuat dari penyakit atau kerugian emosional.

Unsur Air

Kidney/Bladder sistem dikatakan kepada [gudang/ toko] ‘ J’ atau inti sari hidup. Di (dalam) Cina tradisional Obat/Kedokteran, J dinyatakan [ketika;seperti] hormonal dan sistem reproduktif memesan/mencadangkan di (dalam) organisma hidup. Sistem ini berfungsi di (dalam) saldo/timbangan enak/bagus dengan [satu/ orang] yang lain dan bantuan menentukan tingkat mengeram di (dalam) badan [itu]. Begitu Air Unsur dipertimbangkan ‘ akar hidup manusia’. Di (dalam) Cina tradisional Obat/Kedokteran, suatu Air kuat Unsur dipercaya untuk mempromosikan daya tahan kelihatan muda, potensi seksual, ketajaman tentang indera pendengar dan visuil, suatu kuat seperti sistem, metabolisme cairan sesuai dan hormonal seimbang berfungsi.

Sumber : Tianshi