Sejarah Sepeda Motor Listrik ( http://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda_motor_listrik )
- Akhir 1860: Referensi pertama tentang sepeda motor listrik dipatenkan.
- 1911: Menurut Popular Mechanics article sepeda motor listrik telah tersedia.
- 1920: Perusahaan Ransomes, pembuat forklift, meneliti penggunaan motor bertenaga listrik.
- 1941: Krisis bahan bakar di Eropa mendorong perusahaan Socovel dari Austrian membuat sepeda motor listrik kecil. Saat itu kendaraan yang dibuat berjumlah sekitar 400 buah.
- 1946: Terinspirasi oleh kelangkaan BBM dari masa Perang Dunia II, Merle Williams menciptakan kendaraan listrik pertamanya. Kemudian beliau mulai memproduksi kendaraan ini di garasi rumah dan bisnis ini terus bergulir hingga akhirnya menjadi Perusahaan dengan nama Marketeer.
- 1967: Sepeda motor listrik bertenaga surya pertama berhasil dibuat oleh Karl Kordesch.
- 1967: Sepeda motor listrik bertenaga ringan dengan nama "Papoose" dibuat oleh sebuah pabrik sepeda motor suku Indian di Springfield , Massachusetts, dibawah pengarahan Flyod Clymer.
- 1973: Mike Corbin membuat sepeda motor listrik pertamanya dengan rekor kecepatan 162km/jam.
- 1974: Corbin-Gentry Inc. memulai penjualan sepeda motor listrik secara legal.
- 1978: Harley Davidson MK2 bertenaga listrik dibuat oleh Transitron di Honolulu, Hawaii.
- 1988: Eyeball Engineering membuat sepeda motor listrik KawaSHOCKi and produk ini menghiasi majalah-majalah utama saat itu.
- Akhir 1990: Scott Cronk dan EMB membuat sepeda motor listrik dengan nama EMB Lectra VR24. Pelopor untuk jenis variable reluctance motors (VR) dan dijual secara resmi.
- 2000: Killacycle mencatat rekor 244.62 km/jam pada Woodburn Drags 2000, OR.
- 2004: Tanggal 24 August Honda membuat sebuah percontohan motor hibrida 50cc yang diberi nama Honda Numo. Percontohan ini membawa Honda selangkah lebih dekat kepada jenis sepeda motor hibrida yang dapat diproduksi secara massal.
- 2007: Killacycle membuat sebuah sepeda motor listrik bertenaga Li-Ion dan dengan kecepatan 250.7km/jam di Phoenix, AZ pada AHDRA 2007.
Bukan rahasia umum lagi hampir seluruh perusahaan pembuat mobil terkemuka didunia berlomba menciptakan kendaraan dengan sumber tenaga alternatif. Selain Bensin, ada Fuel Cell atau kombinasi Dry Cell dan Fossil Fuel yang biasa kita dengar dengan nama Kendaraan Hybrid.
Sebenarnya riset dan pengembangan EV ( Electric Vehicle ) sebagai pengganti Bensin telah dimulai 10 tahun yang lalu, namun masih belum dapat menembus pasar mobil bensin karena harganya yang relative mahal.
Dari berbagai jenis kendaraan listrik yang pernah dikembangkan, ternyata sepeda motor listriklah yang paling sukses dikembangkan dan disosialisasikan, terutama di Amerika, Eropa, Cina dan Jepang.
Dinegara negara tersebut, pemakaian sepeda motor listrik telah sangat meluas, mulai dari kendaraan di dalam kompleks, kendaraan kerja, sekolah, hingga instansi.
Pasalnya kendaraan ini dapat menghemat biaya, lebih murah, dan ramah lingkungan serta super irit.
Bahkan penjualan sepeda motor listrik di negara negara tersebut di tahun tahun sebelumnya telah menunjukkan trend yang terus meningkat. Namun motor ini sosoknya lebih pas disebut sebagai Sepeda Listrik yang memiliki Accu kering yang dapat menyimpan listrik yang dapat menggerakan Dinamo yang ada di Sepeda Listrik tsb.